Kiat belajar fisika (2)

Sebagai pelajar kita memang diharuskan untuk belajar. Tidak hanya belajar saja namun kita juga dituntut untuk mengerti apa yang sedang dipelajari. Belajar berarti membaca. Membaca berarti malas untuk sebagian orang. Memang terkadang rasa malas itu muncul secara tiba-tiba tapi apakah akan selalu kita menuruti rasa malas itu?  tidak kan? :) apalagi mempelajari fisika yang didalamnya terdapat banyaaaak sekali rumus-rumus dan perbandingan tentang hal-hal mengenai tempat, ruang, waktu, gravitasi, massa, berat dan jenis :(( .Oleh karena itu, inilah beberapa kiat yang InsyAllah dapat sedikit meringankan atau ya membuat kita lebih fokus dalam mempelajari fisika :D cek this out ……………….

1.Senangi Pelajaran fisika

Perasaan senang akan menimbulkan motivasi yang kuat untuk belajar. Belajar fisika tanpa dilandasi rasa senang maka dalam diri kita akan timbul gaya tolak terhadap ilmu yang akan masuk, sehingga berapapun lama kita belajar maka kita tidak akan pandai fisika.

2. Katakan “fisika itu mudah

dengan berkata fisika mudah akan memberi sugesti 50 % untuk sukses. Bila kita berprasangka kalau fisika itu sulit, maka kita akan menemukan kebenaran bahwa fisika itu sulit, tetapi bila kita berprasangka bahwa fisika itu mudah, maka insya Alloh kita akan menemukan kebenaran bahwa fisika itu mudah.

3. Jangan membenci guru fisikamu

memang sulit kalau gurunya ga bisa sabadil (santai,baik dan adil) :/ namun,

benci terhadap guru fisika akan berimbas pada benci juga pada pelajarannya. Bagaimana kita akan bersemangat belajar fisika kalau lihat gurunya saja sudah tidak suka?

4. Rumus fisika jangan dihafal, tetapi harus hafal

Usahakan hafal rumus fisika didapat karena seringnya menggunakan rumus tersebut untuk mengerjakan soal. Banyak siswa yang hafal rumus fisika karena menghafalkan, maka ketika ulangan dia tidak dapat menggunakan rumus itu untuk menyelesaikan soal tersebut.

5. Teliti dalam memahami soal

Banyak konsep fisika yang tersirat dalam soal, dan kita tidak menyadarinya, sehingga sering tejadi perasaan siswa benar dalam mengerjakan soal tetapi nyatanya salah.

6. Selesaikan soal fisika dengan “Smart”

Ibarat kita akan pergi ke suatu daerah, maka banyak jalan menuju ke daerah tersebut. Demikian juga banyak cara untuk dapat menyelesaikan soal fisika, maka pilihlah cara yang terpendek untuk menyelesaikannya, tanpa meninggalkan konsep awalnya.

untuk lebih fokus agar kita dapat mengerjakan semua soal check this out yaa……….

1.  Pahami terlebih dahulu konsepnya

Dalam Fisika kamu harus paham apa sih yang akan dipelajari ? Apa kegunaannya ? Ada tidak relevansinya dengan kehidupanmu ? Karena belajar Fisika bukan hanya dengan cara menghafal rumus-rumus. Rumus Fisika itu punya makna dan cerita di baliknya. Oleh sebab itu, pahami alur rumus dari konsep awal sampai menjadi rumus akhir. Tujuannya adalah supaya kamu mengerti dari mana rumus-rumus itu berasal, semenjak konsep yang mendasarinya sampai menjadi rumus akhir, kecuali beberapa rumus yang sudah merupakan definisi dan rumus ini biasanya sangat sederhana. Setelah kamu mengerti rumus tersebut maka akan sangat mudah untukmu menghapal rumus tersebut.

Ingat, konsep itu tidak bisa diafal, konsep hanya bisa dipahami. Oleh karena itu, untuk memudahkanmu memahami konsep, cobalah buat sebuah peta konsep. Peta konsep adalah rangkuman yang kamu bikin mirip peta untuk menunjukkan posisi sub pokok bahasan. Dengan membuat peta konsep kamu akan lebih mudah mendefinisikan posisi pemecahan masalah dengan benar.

Dengan memahami konsep secara baik dan benar kamu dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan denan ilmu Fisika. Dengan memahami konsep secara baik dan benar rumus-rumus yang sulit dengan sendirinya akan terpahami dengan mudah.

2.  Pelajari mulai dari tingkat yang paling dasar

Biasanya rumus-rumus Fisika di buku yang kelihatannya sangat rumit sebenarnya berasal dari konsep yang sederhana. Misalnya konsep tentang gaya atau tentang energi, yang diturunkan menjadi rumus akhir yang dibutuhkan. Pelajari konsep-konsep tersebut dahulu sebelum pergi ke rumus akhir. Pelajari konsep-konsep secara berurutan sehingga kamu dapat memahami alur dan kesaling berkaitan di antara konsep tersebut

 

 

3.  Latihan mengerjakan soal-soal

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam mempelajari Fisika adalah sesering mungkin berlatih mengerjakan soal. Kalau kamu sering mengerjakan soal Fisika dengan sendirinya rumus-rumus akan selalu teringat sekaligus kamu juga akan semakin memahami konsep Fisika. Dalam mengerakan soal kamu harus bisa mengetahui maksud dan arah pertanyaan dari soal tersebut. Artinya pahami soal dan ketahui apa yang ditanyakan. Dengan begitu kamu lebih mudah mengerjakannya.

Ingat kerjakan soal dari yang termudah dahulu ya,… setelah soal yang mudah ditaklukkan baru lanjut ke soal yang lebih sulit. Oh iya, kalau kamu mengerjakan latihan soal yang terdapat jawaban dan pembahasandari soal tersebut jangan terburu-buru untuk melihat pembahasannya tapi cobalah untuk mengerjakan soal tersebut terlebih dahulu.

4.  Kembangkan soal yang lebih sulit agar pengetahuan lebih mendalam

Cobalah mulai berkenalan dengan soal-soal yang lebih sulit atau bervariasi. Keberhasilan kita menaklukkan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi akan membawa suatu kenikmatan yang berbeda. Buatlah coretan atau gambar yang mudah kamu pahami atas soal yang kamu baca. Coretan boleh dalam bentuk gambar atau catatan yang penting bisa kamu pahami. Gambar dan coretan itu bisa membantu logika dalam memahami soal.

5.  Belajar bersama

Kalau bosan dan pusing belajar sendiri, cobalah cari temanmu yang lebih memahami Fisika untuk berdiskusi. Kadang dengan berdiskusi kita akan lebih paham dan “nempel” konsep-konsep yang sedang kita pelajari.

aaahh demikian lah kiat-kiat yang dapat saya sampaikan,bersumber dari internet dan pengetahuan sendiri saya harap artikel ini dapat membantu teman semua ya dalam mempelajari fisika :D wassalam…………..

Novia Puspita Sari

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: