SDM Kepala Sekolah Menjadi Kunci Utama Keunggulan Kompetitif

Sumber gambar : http://hidupberkah.com

Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Indonesia, Prof Dr Siswandari MStats, menyatakan ada beberapa alasan mengapa LP2KS memperjuangkan lahirnya kepala sekolah yang bermutu. Dia mengungkapkan, alasan pertama yakni karena Sumberdaya Manusia (SDM) Kepala Sekolah menjadi kunci utama dari competitive advantage atau keunggulan kompetitif. Pada semua negara dan institusi, membutuhkan SDM yang ikhlas menjalankan amanah dan memiliki kompetensi yang digunakan untuk berinovasi. Dengan kemampuan ini, artinya sekolah pada akhirnya akan memiliki kompetensi dengan lembaga lain yang sejenis.

“Apabila SDM ini baik maka kinerja suatu sekolah atau lembaga/instansi manapun akan baik, meskipun ada sedikit kekurangan pada aspek dana maupun fasilitas lainnya,” jelas Siswandari dalam sambutannya pada Seminar Pendidikan yang digelar di aula lantai 5 LP2KS, Jumat (1/6). Sebaliknya, dia menambahkan, apabila sistem yang dirancang sudah bagus, dana yang diberikan banyak dan fasilitas pun lengkap, tanpa didukung SDM yang baik maka sistem tersebut hanya tampak bagus di atas kertas. Sementara fasilitas serta dana yang disediakan hanya menjadi beban pemerintah dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut, pada alasan kedua, dia mengatakan, adanya 69 penelitian yang dilakukan 23 tahun dengan melibatkan sekitar 1,4 juta siswa dan 14.000 guru membuktikan bahwa kepala sekolah yang baik dapat meningkatkan prestasi siswa lebih dari 20 poin. Sementara alasan ketiga yakni karena kepala sekolah bertanggungjawab mengelola guru untuk  membentuk insan yang cerdar komprehensif dan berdaya saing tinggi.

“Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan dua orang siswa yang sama, di sekolah berkualitas sama, kurikulum sama, membaca buku dan didukung Informasi Teknologi (IT) yang sama ternyata memiliki hasil yang berbeda. Tiga tahun kemudian, prestasi siswa yang diajar oleh guru yang tidak baik menurun sekitar 13 poin dari kemampuan awal dan berbeda sekitar 53 poin dari temannya yang diajar oleh guru yang baik,” ungkap dia. Ditambahkan Siswandari, pernyataan school is the principal (sekolah adalah kepala sekolah) menginformasikan bahwa baik dan buruknya sekolah tergantung pada kepala sekolahnya.(Dina)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: