Masa Orientasi Peserta Didik Baru ( MOPDB )

Besok merupakan hari pertama belajar di sekolah untuk tahun pelajaran 2012/2013. Bagi  siswa baru, dimulai dengan mengikuti kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) selama tiga hari.

Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) adalah kegiatan untuk menjembatani peserta didik baru mengenali berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, berupa lingkungan  fisik,  lingkungan  sosial  dan  cara  belajar  yang  berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.

Kegiatan MOPDB merupakan pengenalan awal ke arah terbentuknya kultur sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran.  Metode penyelenggaraan MOPDB diupayakan partisipatif, aktif, inovatif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik baru.

Hal yang perlu diingat oleh panitia pelaksana MOPDB baik panitia dari unsur pendidik  (guru), tenaga kependidikan (pegawai TU) dan unsur peserta didik (siswa) adalah bahwa pelaksanaan MOPDB harus bersifat edukatif tidak mengarah kepada tindakan kekerasan, tindakan destruktif dan/atau kegiatan lain yang merugikan peserta didik baru secara fisik maupun psikologis.

MOPDB bertujuan memberikan kesan positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya. Secara lebih rinci tujuan MOPDB adalah sebagai berikut :

a. membantu peserta didik baru mengenal lebih dekat dengan lingkungan sekolah, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif;

b. mendorong peserta didik baru bersikap proaktif dalam mengenali guru, karyawan, dan kakak kelasnya, sehingga merasa lebih aman, nyaman dan menyenangkan berada di lingkungan sekolah;

c. membantu peserta didik baru agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah dan lingkungan sekolah;

d. membantu peserta didik baru agar mengetahui hak dan kewajibannya sebagai warga sekolah;

e. membantu peserta didik baru agar bertanggung jawab terhadap lingkungan sekolah;

f. memahami lingkungan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, sehingga fungsi warga sekolah dapat mendukung terwujudnya tujuan pendidikan secara komprehensif;dan

g. memotivasi peserta didik baru agar bangga terhadap sekolahnya.

Masa Orientasi Peserta Didik Baru dilaksanakan dengan prinsip 5 M (Mudah, Murah, Meriah, Massal, Mendidik). Mudah artinya MOPDB tidak menyulitkan peserta didik baru. Murah artinya bahwa MOPDB dengan biaya terjangkau. Meriah artinya MOPDB menyenangkan peserta didik baru.  Massal artinya MOPDB melibatkan semua peserta didik baru . Mendidik artinya dilaksanakan sesuai dengan kaidah pendidikan.

Materi yang disampaikan dalam MOPDB :

a. Visi dan misi sekolah

b. Pengenalan terhadap program dan cara belajar

c. Pengenalan tata tertib sekolah

d. Pengenalan terhadap keselamatan dan tertib lalu lintas

e. Pengenalan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler

f. Pengenalan lingkungan sekolah

g. Materi lain yang relevan dengan kebutuhan sekolah

Download :

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: