UKG Acuan Evaluasi Bagi LPTK

Sumber foto : kemdikbud.go.id

Yogyakarta — Uji Kompetensi Guru (UKG) tahap 1 telah selesai. Hingga hari Sabtu (4/08) lalu, sebanyak 460 ribu hasil UKG tersebut telah diketahui. Proses penilaian masih berlangsung hingga tanggal 12 Agustus 2012. “Masih ada satu minggu lagi, saya optimis masih bisa mencapai angka 700 ribu,” demikian diungkapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh,” saat ditanya mengenai evaluasi UKG, di Yogyakarta, Minggu (5/08).

UKG selain sebagai acuan pemetaan kompetensi guru, juga akan digunakan untuk melihat kualitas Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) yang merupakan produsen guru. Hasil UKG ini akan menjadi koreksi bagi semua LPTK baik negeri maupun swasta. “Nanti kita petakan semua, misalkan perguruan tinggi X, saya sampaikan, ini loh lulusan sampean nilainya seperti ini, jadi untuk koreksi sekalian,” ujarnya.

Mendikbud menyatakan perbaikan kompetensi merupakan pekerjaan besar. Tantangan harus dijalani dan kritik tidak akan pernah berhenti . “Tapi kita tidak boleh mundur. Murid saja diuji, apalagi gurunya. Jadi ada instrospeksi diri. Intinya, perbaikan tidak boleh berhenti,” kata Menteri Nuh.

Hasil sementara, rata-rata nilai UKG tahap 1 adalah 44. Hasil tersebut, kata Mendikbud, adalah cermin kondisi guru kita saat ini. “Tidak usah malu, dan jangan merasa terhina, ini adalah usaha kita untuk menilai segala sesuatu secara fair,” katanya. Dengan hasil tersebut, Mendikbud menegaskan proses perbaikan kompetensi guru ini tidak boleh mundur. “UKG ini proses perbaikan kompetensi, jangan hanya karena komputer ngadat kita berhenti,” katanya. (AR, http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/556)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: