Advertisements

Pendidikan Menengah Universal, Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun

Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan, program Pendidikan Menengah Universal (PMU) merupakan rintisan wajib belajar 12 tahun. Mengapa disebut rintisan, karena hingga saat ini, wajib belajar 12 tahun belum menjadi amanat undang-undang seperti halnya pendidikan dasar 9 tahun. “

Meski belum diwajibkan, kita berinisiatif untuk memulainya,” demikian disampaikan Mendikbud di kantor Kemdikbud, Kamis siang (16/08).

Untuk itu, guna mengokohkan landasan pelaksanaan wajib belajar dari 9 tahun menjadi 12 tahun, pemerintah segera akan menyiapkan rancangan untuk amandemen undang-undang sistem pendidikan nasional (sisdiknas).

“Amandemen tersebut untuk melandasi perubahan wajib belajar 9 tahun menjadi wajib belajar 12 tahun,” katanya.

PMU dijadikan agenda pembahasan utama dalam rencana kerja pemerintah setelah disinggung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pidato kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, di gedung parlemen, pada 16 Agustus 2012.

“Setelah disinggung oleh Presiden dalam pidato kenegaraan ini, maka PMU akan menjadi program nasional,” katanya.

Selanjutnya, pemerintah bersama DPR akan menyusun anggaran untuk menjalankan program tersebut. “PMU sudah ditetapkan, tinggal kita lagi “beradu” argumen untuk penetapan anggarannya,” kata Menteri Nuh. Mendikbud yakin, karena telah diamanatkan oleh Presiden, maka DPR pun akan mendukung program ini. (AR)(http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/588)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: