Advertisements

Kemdikbud Lepas Tiga Tim Olimpiade Internasional

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengirim tiga tim untuk berpartisipasi dalam tiga ajang bergengsi, yaitu International Earth Science Olympiad di Olavarri, Argentina, International Olimpyad In Informatics ke-24 di Sirmione, Italia, dan International Astronomy Olympiad (IAO) di Gwangju, Korea. Pelepasan tim olimpiade tersebut dilakukan Rabu (19/9), di Kantor Kemdikbud Cipete Jakarta Selatan.

The 6th International Earth Science Olympiad (IESO) di Argentina akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 12 Oktober 2012. Tim IESO terdiri dari empat orang siswa, yaitu Dovian Emely Suteja (SMK 1 Penabur, Jakarta), Ratika Benita Nareswari (SMA Dwiwarna, Bogor), Thomas Teguh Wijaya (SMK Petra Surabaya), dan Fenin Rega Randitama (SMAN 1 Banjarnegara). Para siswa tersebut akan didampingi beberapa pembina yaitu Dr. D. Hendra Amijaya (Jurusan Teknik Geologi UGM), Drs. Zadrach L. Dupe, MSc (Prodi Meteorologi ITB), dan Dr Chatief Kunjaya (Prodi Astronomi ITB).

Sedangkan ajang The 24th International Olimpyad In Informatics di Sirmione, Italia, berlangsung dari tanggal 23 sampai tanggal 30 September 2012. Anggota tim yang akan menjadi duta bangsa tersebut adalah Nathan Azaria (SMAN 2 Purwokerto), Jonathan Irvin Gunawan (SMK 1 BPK Penabur Bandung), Cakra Wishnu Wardhana (SMAN 8 Yogyakarta), dan  Muhammad Aji Muharrom (MAN Insan Cendikia Serpong). Tim Indonesia ke Italia akan dipimpin oleh Dr. Ir Inggriani Liem (Koordinator Pembinaan TOKI dan Dosen STEI ITB) dan didampingi oleh Julio Adisantoso M. Sc (Dosen FMIPA, IPB) dan Risan (Peraih medali perunggudalam IOI 2008 dan 2009) yang juga menjadi pendamping para siswa selama pelatihan berlangsung.

Ajang The 17th International Astronomy Olympiad (IAO) akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 24 Oktober 2012 di Gwangju, Korea. IAO tahun ini akan diikuti 16 negara peserta. Dalam arena 17th IAO ini, Indonesia mengirimkan tim yang terdiri dari dua orang siswa yang akan mengikuti grup senior (β) yaitu Andy Einsten (SMA St. Petrus, Pontianak, Kalimantan Barat) dan Rizki Wahyu Pangestu (SMAN 1 Banjarnegara, Jawa Tengah). Tim ini didampingi oleh dua staf dari kelompok keahlian/program studi astronomi, FMIPA, ITB, yaitu, Dr. Suryadi Siregar, DEA yang bertindak sebagai Pedagogical Jury dan Dr. Hakim L. Malasan, M.Sc. sebagai pimpinan tim.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, berpesan kepada anggota tim supaya dapat berperan menjadi duta budaya Indonesia juga, selain menjadi duta pendidikan. Hamid juga berpesan agar para peserta menjaga kesehatan, menjaga mental, dan mempertahankan tradisi juara. “Targetkan emas, karena pendahulu-pendahulu kalian bisa, kenapa sekarang tidak bisa, jadi usahakan bisa, saya yakin kalian bisa,” ujarnya memberi semangat. (RM)(http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/682)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: