Advertisements

SNM PTN Jalur Tulis Dihapus ?

875GRAFIS SNMPTN copy

JAKARTA, FAJAR — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) 2013 mengalami perubahan drastis. SNM PTN jalur ujian tulis resmi dihapus dan kuotanya ditarik ke jalur undangan.

Karena sudah tidak ada jalur ujian tulis, tidak ada lagi embel-embel sebutan di belakang SNM PTN. ’’Sekarang namanya SNM PTN 2013 saja. Kuotanya 150 ribu kursi,’’ tutur Ketua Umum SNM PTN 2013 Akhmaloka dalam peresmian SNM PTN 2013 di Jakarta, tadi malam.
Pria yang juga rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menyatakan, seluruh siswa kelas 3 SMA/sederajat boleh mendaftar SNM PTN 2013. Jenis akreditasi sekolah sudah tidak menjadi pertimbangan.
Perlu jadi catatan, sebelum para siswa mendaftar, setiap kepala sekolah wajib meng-entry data rapor siswa kelas 3 ke pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) SNM PTN. ’’Jika kepala sekolah belum meng-entry data di PDSS, siswanya tidak bisa mendaftar SNM PTN,’’ ujarnya.
Akhmaloka mengungkapkan, siswa pelamar SNM PTN sudah tidak dibebani biaya pendaftaran. Biaya itu sudah ditalangi pemerintah sesuai amanat Undang-Undang Pendidikan Tinggi (UU Dikti). Dia memperkirakan pendaftar SNM PTN 2013 bakal membeludak 1,5 juta hingga 2 juta pelamar.
Ada dua indikator penilaian dalam menentukan kelulusan SNM PTN. Yaitu, rekaman nilai rapor yang sudah di-entry di PDSS dan nilai ujian nasional (UN). Syarat mutlak diterima SNM PTN adalah lulus unas.
Sekretaris Umum Panitia Pusat SNM PTN 2013 Rochmat Wahab menjelaskan, dengan sistem baru tersebut, otomatis SNM PTN jalur ujian tulis dihapus. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengungkapkan, 150 ribu kuota SNM PTN tersebut setara dengan 50 persen kuota mahasiswa baru secara keseluruhan di 61 PTN.
Lantas, sisanya bagaimana? Rochmat menyatakan, masih ada dua seleksi mahasiswa baru lagi di luar SNM PTN. Yakni, ujian mandiri bersama 61 PTN dengan sistem ujian tulis. Kuota ujian jalur itu adalah 30 persen. Sisanya 20 persen diperebutkan dalam saringan mandiri yang dikelola setiap kampus.
Dia menegaskan, kuota mahasiswa baru dari saringan SNM PTN murni diperebutkan siswa lulusan tahun berjalan. Sementara itu, lulusan satu dan dua tahun di belakangnya harus melalui saringan ujian mandiri bersama atau ujian mandiri di masing-masing PTN.
Rochmat juga mengungkapkan, kuota mahasiswa baru melalui saringan SNM PTN tahun depan lebih rendah daripada tahun ini. Sebagaimana sudah ditetapkan, tahun ini kuota SNM PTN mencapai 171.634 kursi. ’’Dari persentasenya saja, kuota SNM PTN 2013 sudah jelas menurun (dari 60 ke 50 persen kuota nasional, red),’’ ungkapnya. (jpnn/sil)

Baca : UJIAN TULIS MASIH TETAP ADA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: