Advertisements

Tersedia Tiga Jalur Seleksi Masuk PTN 2013

Anda sebentar lagi lulus SMA/MA/SMK dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (SNMPTN)? Ada baiknya memahami jalur-jalur seleksi untuk merebut bangku kuliah di perguruan tinggi milik pemerintah itu.

Kepada unnes.ac.id, Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo menerangkan, sebagaimana PTN lain, Unnes pun mengenal tiga jalur. “Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri,” katanya.

Apa perbedaan di antara ketiganya? “SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran,” katanya.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. “Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN,” terang Rektor.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

Untuk mendownload materi Informasi awal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2013.

1. Materi Sosialisasi silahkan klik di sini
2. Info Awal SNMPTN 2013 silahkan klik di sini
3. Press Release SNMPTN 2013 silahkan klik di sini
4. Poster SNMPTN 2013 silahkan klik di sini
5. Informasi SNMPTN Universitas Negeri Semarang 2013 silahkan klik di sini

http://unnes.ac.id/berita/tersedia-tiga-jalur-seleksi-masuk-ptn-2013/

Masuk PTN Tetap lewat Tiga Jalur

Sebagaimana tahun sebelumnya, tahun 2013 tetap tersedia tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN).

Ketiga jalur itu adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan ujian mandiri yang dilaksanakan tiap-tiap PTN.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo menandaskan hal itu di hadapan para kepala Dinas Pendidikan kota/kabupaten se-Jawa Tengah pada Sosialisasi SNMPTN 2013. Sosialisasi yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah Nurhadi Amiyanto itu berlangsung di aula dinas tersebut, Jumat (14/12).

“Ini perlu kembali saya tandaskan untuk menepis sejumlah berita yang menyebutkan SNMPTN ujian tulis dihapuskan. Namanya memang bukan SNMPTN jalur ujian tulis lagi, melainkan SBMPTN dengan penyelenggara Majelis Rektor,” jelas Rektor Unnes.
Prof Sudijono mengemukakan, perubahan nama juga terjadi pada seleksi yang tahun lalu SNMPTN jalur undangan. “Tahun 2013 nanti, namanya SNMPTN saja. Seleksi ini didarkan pada  yang nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat,” katanya.

Disebutkan pula, pendaftaran SNMPTN tanpa dipungut biaya. “Semua siswa yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional 2013 SMA/MA/SMK/MAK yang datanya telah diisikan oleh kepala sekolah pada pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) bisa mendaftarkan diri,” katanya seraya mengingatkan, pengisian PDSS dibuka mulai 17 Desember 2012 di laman pdss.snmptn.ac.id.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

Soal komposisi jumlah yang diterima, Prof Sudijono menyatakan, minimal 50% lewat SNMPTN, minimal 30% melalui SBMPTN, dan seleksi mandiri maksimal 20% dari jumlah keseluruhan yang diterima.

http://unnes.ac.id/berita/masuk-ptn-tetap-lewat-tiga-jalur/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: