Advertisements

Panduan Penulisan Karya Ilmiah Pascasarjana UNJ 2018

Panduan Penulisan Karya Ilmiah ini merupakan edisi revisi yang disusun sebagai rujukan bagi mahasiswa di lingkungan Pascarsarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam menulis karya ilimiah, baik artikel ilmiah, tesis, maupun disertasi. Terbitnya pedoman ini bertujuan untuk menyeragamkan tata cara penulisan karya ilmiah agar sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang berlaku dan diakui dalam dunia akademik secara internasional.

Pada Panduan Penulisan Karya Imiah ini terdapat beberapa perubahan, penambahan, dan koreksi terhadap Panduan Penulisan Karya Ilmiah edisi sebelumnya. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat mengikuti perkembangan ipteks dan memenuhi tuntutan peningkatan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa Pascasarjana UNJ. Panduan ini juga mengakomodasi tuntutan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN-Dikti) yang mewajibkan mahasiswa Pascarsarjana untuk menulis dan memublikasikan artikel pada jurnal internasional bereputasi. Oleh karena itu, Panduan Penulisan Karya Ilmiah ini memberikan rambu-rambu umum berisi hal-hal pokok yang berkaitan dengan penulisan karya ilmiah. Mahasiswa dapat menggunakan kaidah khusus yang menjadi kekhasan kajian tertentu selama tidak bertentangan dengan rambu-rambu umum yang disampaikan dalam panduan ini.

Panduan Penulisan Karya Ilmiah ini memberi penekanan pada hal-hal yang mengakomodasi perkembangan dalam penulisan ilmiah di tingkat internasional. Pertama, semangat pembebasan yang berkiblat pada inovasi-inovasi baru. Kedua, format penulisan yang menggunakan format American Psychology Association (APA). Ketiga, kewajiban menggunakan piranti lunak referencing manager dalam menulis sitasi dan daftar pustaka. Keempat, kewajiban memindai draf proposal, tesis, dan disertasi sebelum pendaftaran sidang-sidang, agar mahasiswa mengetahui kesamaan karya tulis yang disusun dengan karya tulis orang lain sehingga terhindar dari praktik plagiat.

Selengkapnya silahkan didownload di bawah ini :

Panduan Penulisan Karya Ilmiah Pascasarjana UNJ 2018

 

 

sumber :pps.unj.ac.id
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: